Latar belakang lemak tubuh

Lemak sederhana mencakup senyawa-senyawa yang tidak mudah terhidrolisis oleh larutan asam atau basa dalam air dan terdiri darisubkelompok-kelompok: Protein merupakan konstituen penting pada semua sel, jenis nutrien ini berupa struktur nutrien kompleks yang terdiri dari asam-asam amino.

makalah Tentang matabolisme lemak / Lipid (Lengkap)

Vitamin adalah sekelompok senyawa organik berbobot molekul keci lyang memiliki fungsi vital dalam metabolisme organisme. Akan tetapi, karena adanya pertimbangan-pertimbangan kesehatan, sikap kita terhadap lipid makanan mulai berubah.

Lemak tubuh tidak dapat dihidrolisis secara sempurna tanpa kehadiran karbohidrat. Pilih susu, keju, mentega atau makanan lain yang rendah lemak. Vitamin C Dari semua vitamin yang ada, vit C merupakan vitamin yang paling mudah rusak. Asetil KoA akan menghambat secara allosterik pembentukan piruvat menjadi asetil Ko A, tetapi meningkatkan piruvat menjadi oksaloasetat.

Stres Diatas merupakan beberapa faktor resiko terjadinya penyebab jantung koroner Bila ada salah satu atau beberapa faktor resiko tersebut diatas, maka dianjurkan secara berkala memeriksakan kesehatan jantung kepada seorang ahli. Nutrient terdiri dari beberapadiantarannya: Vitamin C Vitamin C asam askorbat banyak memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh kita.

Kedua jenis lemak tersebut dapat dikurangi dengan cara yang berbeda. Adapun rumusan masalah yang penulis buat yaitu: Tetapi mempunyai sifat yang mudah teroksidasi oleh udara dan akan rusak bila dipanaskan pada suhu tinggi bersama udara, sinar dan lemak yang sudah tengik.

Berikut ini rincian dari beberapa vitamin dan penting: Kolesterol berperan penting dalam struktur dan fungsi seluruh sel tubuh, namun kolesterol juga berperan sebagai komponen utama deposit lemak atau plak yang berbentuk pada dinding dalam pembuluh darah arteri.

Vitamin ini terdapat dalam lemak dan bagian berminyak dari makanan. Suatu reaksi yang sangat berguna untuk fraksionasi lipid, adalah reaksi penyabunan. Hingga sekarang fungsi biokimia beberapa jenis vitamin belum diketahui dengan pasti. USU-Press, Medan. Antioksidan dapat diperoleh dari berbagai macam buah-buahan dan sayuran.

Kegunaan Lemak dalam Kehidupan Sehari-hari.

Makalah Metabolisme Karbohidrat, Lemak dan Protein

Di dalam tubuh, vitamin B3 memiliki peranan besar dalam menjaga kadar gula darah, tekanan darah tinggi, penyembuhan migrain, dan vertigo. Contoh lainnya adalah pergerakan kromosom saat proses mitosis dan pergerakan sperma oleh flagela. Lemak sendiri adalah sebuah gizi yang esensial. Komponen-komponencampuran lipid dapat difraksionasi lebih lanjut dengan menggunakan perbedaan kelarutannya di dalam berbagai pelarut organik.

Energi yang diperoleh dari oksidasi sempurna asam lemak palmitat adalah ATP. Lemak padat terdapat pada hewan misalnya mentega 2. Banyaknya lemak yang dibutuhkan oleh tubuh manusia umumnya berbeda-beda tetapi umumnya berkisar antara 0,gram lemak per 1kg berat badan per hari. Vitamin adalah senyawa kimia yang sangat esensial yang walaupun tersedianya dalam tubuh dalam jumlah demikian kecil, diperlukan sekali bagi kesehatan dan pertumbuhan tubuh yang normal.

Mungkin masyarakat Indonesia belum terlalu familier dengan istilah lemak trans, trans fatty acid, padahal sesungghunya jenis lemak ini sering sekali kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari.Kolesterol adalah suatu molekul lemak di dalam sel dibagi menjadi LDL, HDL, total kolesterol dan trigliserida.

Kolesterol sebenarnya merupakan salah satu komponen lemak. Seperti kita ketahui, lemak merupakan salah satu zat gizi yang sangat diperlukan oleh tubuh kita disamping zat gizi lain seperti karbohidrat, protein, vitamin dan laurallongley.com: Nur Asriyah.

Sep 18,  · Latar belakang masalah. berfungsi sebagai sumber energi yang utama untuk proses metabolisme tubuh. Lemak yang beredar di dalam tubuh diperoleh dari dua sumber yaitu dari makanan dan hasil produksi organ hati, yang bisa disimpan di dalam sel-sel lemak sebagai cadangan energy (Tika, ).

Terdapat empat macam makromolekul yang ada yaitu karbohidrat, lemak, protein dan asam nukleat.

4 Karbohidrat utama dalam tubuh manusia adalah zat tepung, sukrosa, laktosa, fruktosa, glukosa dan serat-serat yang tidak dapat dicerna, misalnya selulosa. Polisakarida tepung adalah bentuk simpanan karbohidrat dalam tumbuhan. Adapun fungsi dari lemak yaitu didalam makanan memberikan rasa gurih,memberikan kualitas renyah terutama pada makanan yang di goreng,memberi kandungan kalori tinggi dan memberikan sifat empuk (lunak) pada kue yang di bakar.

Di dalam tubuh lemak berfungsi terutama sebagai cadangan energi dalam bentuk jaringan lemak. Dec 23,  · makalah "lemak" 1. makanan dan gizi “lemak” disusun oleh: eka widianita pratiwi () indri sofia ranti () nurendah ayu () rumaisa khairani () tri widiastuti () pendidikan guru sekolah.

BAB IPENDAHULUAN A. LATAR BELAKANGKebanyakan masyarakat modern saat ini berpendapat bahwa semua yang mengandung lemak merupakan hal yang harus dihindari pada saat memilih makanan yang akan laurallongley.com atau yang populer dalam bentuk minyak di Indonesia, saat ini mulai disadari masyarakat sebagai musuh utama dalam urusan santap menyantap makanan.

Latar belakang lemak tubuh
Rated 0/5 based on 92 review