Diet kanker nasofaring pdf

Cancer of the nasopharynx This type of cancer is rare in the West, but much more common in countries of the Far East. Kanker nasofaring rekuren Jika sel kanker yang telah dilakukan berbagai metode pengobatan masih datang kembali, dokter akan menyarankan terapi radiasi tambahan dan kemoterapi lanjutan.

Terlebih yang lebih mengkhawatirkan lagi ternyata gejala awal penyakit ini hampir mirip dengan flu. Ada jaringan kelenjar getah bening atau kelenjar di seluruh tubuh yang merupakan bagian dari pertahanan alami tubuh terhadap infeksi.

Unsur renik: Karena bisa jadi hal tersebut merupakan gejala munculnya kanker nasofaring. Setelah beberapa hari jarum atau kawat dihapus.

Gambar 1. Menurut konsultan hematologi-onkologi medik Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Prof Arry Harryanto Reksodiputro, kini penanganan kanker tak hanya fokus pada penyakit, tetapi juga mutu hidup penderita.

Perlu diwaspadai gejala seperti pilek berkepanjangan atau mimisan berulang. The results of these tests will help the specialist to decide on the best type of treatment for you.

Penyebab dan faktor risiko Penyebab pasti kanker nasofaring tidak diketahui. Mengetahui jenis tertentu dan stadium kanker membantu dokter untuk memutuskan pengobatan yang paling sesuai untuk Anda. Isotope bone scan This is a test which shows up any abnormal areas of bone.

Pengerokan dengan kuret daerah lateral nasofaring dalam narkosis. MRI magnetic resonance imaging scan This scan uses magnetism to form a series of cross-sectional pictures of the inside of the body.

Gejala telinga berupa tinitus, rasa penuh sampai tuli konduktif akibat otitis media serosa atau otitis media serosa kronis, seharusnya merupakan gejala dini.

Alih bahasa I Made Kariasa.

MAKALAH KARSINOMA NASOFARING

Manifestasi metastasis tulang adalah nyeri kontinyu dan nyeri tekan setempat, lokasi tetap dan tidak berubah-ubah dan secara bertahap bertambah hebat.

Pemeriksaan CT-Scan daerah kepala dan leher untuk mengetahui keberadaan tumor sehingga tumor primer yang tersembunyi pun akan ditemukan. Rendahnya kadar vitamin C sewaktu muda dan kekurangan vitamin A dapat merubah nitrat 7 menjadi nitrit dan senyawa nitrosamin menjadi zat karsinogen pemicu kanker Ballenger, Dalam jangka panjang hal tersbut bisa menjadi penyebab mucnulnya kanker nasofaring.

The system is made up of a network of lymph glands, or nodes, that are linked by fine ducts containing lymph fluid. Banyak terdapat struktur anatomis penting di sekitarnya. Karsinoma nonkeratinisasi, pada pemeriksaan dengan mikroskop cahaya terdapat tanda diferensiasi, tetapi tidak ada diferensiasi skuamosa.

Nasofaringoskop ini berupa selang kecil yang dilengkapi dengan kamera. The machine is also quite noisy but you will be given earplugs or headphones to wear. M refers to whether or not the cancer has spread to other parts of the body metastases.

Untuk itu, dokter THT akan memulai mendiagnosis dengan menekan bagian leher untuk memeriksa ada tidaknya benjolan tersebut.

Lymph nodes N N0 None of the lymph nodes are affected. Ini sering disebabkan desakan tumor, infiltrasi saraf kranial atau os basis kranial, juga mungkin karena infeksi lokal atau iriasi pembuluh darah yang menyebabkan sefalgia reflektif.

Integritas ego: Pakar akan memeriksa nasofaring Anda dengan menggunakan tabung, sangat tipis fleksibel dengan cahaya di ujung nasendoscope. November Your doctors and nurses will advise you how to do this.

Patofisiologi Dan Pathway Ca Nasofaring, Download Doc Dan Pdf

Stadium I: Kanker nasofaring adalah tumor ganas yang timbul di daerah nasofaring ar ea di atas tenggorok dan dibelakang hidung POI,pasien kanker nasofaring harus memiliki diet yang benar, diet yang baik tidak hanya dapat membantu pasien meningkatkan daya tahan tubuh, mengurangi efek samping nyeri dari pengobatan, juga membawa peran penting dalam pemulihan tubuh.

KEMENTERIAN KESEHATAN REPUBLIK INDONESIA PANDUAN PENATALAKSANAAN KANKER NASOFARING Disetujui oleh: Perhimpunan Dokter Spesialis Telinga Hidung Tenggorok Bedah Kepala Leher Indonesia (PERHATI-KL).

Kanker Nasofaring – Jenis, Penyebab, Gejala, Ciri Dan Pengobatan Kanker Nasofaring. Kanker Nasofaring adalah jenis kanker yang terjadi di bagian tenggorokan atau faring, yang muncul pada area laurallongley.com: Omar Abdillah. Faktor lain yang diduga berperan dalam terjadinya kanker nasofaring adalah debu, asap rokok, uap zat kimia, asap kayu bakar, asap dupa, serbuk kayu industri, dan obat-obatan tradisional, tetapi hubungan yang jelas antara zat-zat tersebut dengan kanker nasofaring belum dapat laurallongley.com: Blog's Taufan Dyntya.

(sekitar cGy), ditujukan pada tumor primer di nasofaring dan daerah perluasan maupun metastasisnya di kelenjar getah bening leher.

Kanker Nasofaring, Gejala, Penyebab dan Deteksi Dini Kanker Nasofaring

Radioterapi dikatakan berhasil bila tercapai eradiasi semua sel kanker. PDF | On Nov 1,Erma Galuh Sofiani and others published TINGKAT PENGETAHUAN GIZI, ASUPAN ENERGI - PROTEIN DAN STATUS GIZI PASIEN KANKER NASOFARING YANG MENDAPATKAN KEMOTERAPI.

Diet kanker nasofaring pdf
Rated 4/5 based on 41 review